Cari Blog Ini

Jumat, 15 April 2011

5 Prioritas hidup

 
Dalam menjalani kehidupan pastinya kita akan menemukan banyak rintangan hidup, dan rintangan hidup itu harus kita lalui jika kita ingin bahagia hidup di dunia dan juga di akhirat. dan semua itu jika tidak dimanajemen dengan baik pastinya akan kacau menjalani hidup. untuk itu kita harus mempunyai prioritas hidup untuk menjalani hal tersebut, prioritas hidup itu diantaranya:
1.kuatnya iman.
Iman menjadi nilai dasar yang harus dimiliki seorang muslim. Jika iman kita kuat, pastinya akan jelas visi hidupnya. Prinsipnya kuat, sedahsyat apapun pengaruh dari luar tidak menjadikan dirinya bimbang.

2.Sehat.
Kesehatan harganya murah namun berkualitas tinggi. Sementara sakit adalah cost atau biaya. Makanya selagi sehat, manfaatkan untuk olah raga, konsumsi makanan yang betul-betul menyehatkan walaupun harganya lebih mahal. Sempatkan seminggu sekali untuk olahraga.

3.Akur.
Akur atau akrab atau bersahabat menjadi prioritas ketiga. Jika kuat iman, sehat tapi tidak akur, babak belur yang terjadi. Konsep akur bukan hanya berlaku bagi yang seakidah saja atau sesama saudara saja tapi berlaku untuk semua orang. Tidak mengenal SARA. Jika akur tetap terjaga, dapat dipastikan dunia akan damai. Tidak ada perselisihan.

4.Manfaat.
Dalam sabda Rasullulloh SAW, sebaik-baik manusia adalah yang banyak manfaatnya. Untuk itu tebarkan manfaat dimanapun kita berada. Yakinkan orang di sekitar merasakan manfaat akan kehadiran kita. DI rumah, di perusahaan, di sekolah. Karena orang yang bermanfaat akan banyak disukai orang.

5.Qalbun Salim atau hati yang Bersih.
Hati menjadi asset yang begitu berharga. Keempat prioritas di atas dapat dipastikan tercapai jika hatinya dalam keadaan bersih. Bersih dari sombong, dengki dan riya.
Demikian, lima prioritas hidup yang harus ada dalam diri kita. Mudah-mudahan bisa menghantarkan kita pada perjumpaan dengan Allah SWT, Amiin. Wallahu a’lam bishshawwab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar